70 Views

Dana Desa Belum Cair, Namun BLT DD Berhasil Disalurkan

Sumurungnews-Tapanuli Selatan,
Pemerintahan Desa (Pemdes) Sibangkua Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan, salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Tahun 2021 Kepada 18 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang langsung dihadiri Camat setempat, Sabtu (08/05) Pukul 19.26 WIB.

Dalam kegiatan itu, Camat Angkola Barat Maruhum Hot Taufik, S. Sos, didampingi Kepala Desa (Kades) secara simbolis memyerahkan BLT DD kepada masyarakat, BLT DD tetap disalurkan kepada belasan orang KPM dikantor desa, meskipun secara fakta Dana Desa Sibangkua belum keluar dari pusat.

Kepala Desa Sibangkua Muhammad Iman Hutasuhut mengatakan, penyaluran BLT-DD tahap I tahun 2021 yaitu dari bulan Januari hingga Maret 2021 dengan nominal perbulan sebesar Rp.300.000.

Kami berharap kepada KPM agar bantuan yang diterima dipergunakan dengan sebaik-baiknya, apalagi bulan ini adalah Bulan Ramadan yang sebentar lagi akan lebaran, harap Iman.

“Gunakanlah manfaat BLT DD tersebut untuk membeli kebutuhan pokok dan keperluan untuk meningkatkan ibadah,” kata Kades Sibangkua Muhammad Iman Hutasuhut dalam sambutannya.

Sementara itu, Camat Kecamatan Angkola Barat Maruhum Hot Taufik S. Sos, MM menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah ikut bergerak,sehingga BLT-DD tahap I tahun 2021 ini dapat disalurkan dengan lancar.

“Saya sangat mengapresiasi kinerja Pemdes Sibangkua, karena sesungguhnya Dana Desa belum cair dari Pusat, namun atas inisiasi berbagai pemangku kepentingan BLT DD sudah bisa disalurkan terlebih dahulu kepada masyarakat, ucap Taufik.

Disampaikan Camat lebih lanjut, Kades menyalurkan BLT DD atas instruksi Bapak Bupati Tapanuli Selatan H. Dolly Putra Par Pasaribu melalui Camat, pesannya untuk menyalurkan BLT DD sesuai ketentuan, perlu diketahui, dana BLT DD belum ada diterima Kades dari Pusat,  namun untuk memikirkan warga masyarakat jelang lebaran tetap disalurkan.

Dana BLT DD ini kita utamakan penyalurannya supaya dapat dimanfaatkan menjelang lebaran seperti diantaranya membayar zakat fitrah, semestinya diutamakan, karena itu salah satu yang mensucikan kita di hari 1 Syawal dalam menuju kembali ke hari yang fitrah agar seperti bayi yang baru lahir, kata Camat.

Di era pandemi covid-19 saat ini, seluruh sektor adalah sulit dan pahit, gaji saya juga sudah dipotong karena pandemi ini, tetap patuhi protokol kesehatan untuk memutus mata rantai Covid 19, himbauan pemerintah Pusat, jangan  mudik mulai tanggal 6 sampai 17 Mei 2021 karena seluruh terminal sudah dijaga dengan ketat dan bagi yang mudik disuruh putar balik, tandas Taufik.

Hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya Camat Angkola Barat Maruhum Hot Taufik, S. Sos, MM, Pendamping desa, Kepala Desa Muhammad Iman Hutasuhut, Ketua BPD,  Perangkat Desa, tokoh masyarakat dan warga penerima manfaat BLT-DD Desa Sibangkua. (012)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*